Memahami rumus Excel wajib Anda ketahui jika Anda aktif memanfaatkan perhitungan komputer. Hal ini dapat membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan yang terkait data dan angka.
Berikut adalah penggantian teks tersebut dalam Bahasa Indonesia: Perangkat lunak Excel atau Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengatur dan menganalisis data. Salah satu bagian dari ekosistem Microsoft ini dikenal sebagai
spreadsheet
digunakan untuk perhitungan dan pembuatan grafik dari data.
Beberapa kegiatan yang umum menggunakan rumus Excel, antara lain membuat laporan keuangan, mencatat pengeluaran, mengelola data, menghitung pajak, serta mengatur nilai.
Lantas, apa saja rumus Excel yang sering dibutuhkan dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.
Rumus Excel
Beberapa rumus dasar Excel yang perlu dipahami dan dikuasai untuk mempermudah proses penghitungan data di Microsoft Excel.
-
Pengurangan
Simbol (-) digunakan untuk memperkecil suatu angka pilihan. Rumusnya seperti mengurangkan dua buah bilangan dengan cara perluasan, pilih sel A1 dan A2, kemudian ketik rumus =A1-A2.
-
Penjumlahan
Fungsi SUM digunakan untuk menghitung jumlah angka yang sudah dimasukkan di dalam sel cetak biru tertentu. Jika Anda ingin menghitung jumlah angka dari sel B1 sampai B5, maka rumusnya adalah =SUM(B1:B5).
-
Pembagian
Simbol “/” digunakan untuk membagi angka di excel. Pilih sel yang ingin Anda bagi dan ketik rumus pembagian excel, misalnya: =A1/B1
-
Perkalian
Huruf ” * ” digunakan untuk menggabung angka di excel. Tuliskan rumus perkalian excel, contoh: = C1*D1.
-
COUNT
Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang hanya berisi angka, seperti contoh: =COUNT(A1:F1).
-
COUNTA
COUNTA digunakan untuk menghitung seluruh sel yang berisi angka, teks, atau sel kosong. Misalnya ketik rumus untuk mengetahui sel kosong =COUNTA(A1:H2).
-
COUNTIF
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria yang sama. Jika Anda melakukan penelitian yang melibatkan 200 responden, Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak responden yang bekerja sebagai peternak. Ketik rumus =COUNTIF(B2:B201;”PELAJAR PETERNAK”).
-
SUMIF
SUMIF memiliki kemiripan dengan COUNTIF. Dari contoh nomor 7, Anda menjumlahkan kriteria peternak dalam sel, maka =SUMIF(B2:A101; “PETERNAK”;B101:B201).
-
IF
Jika ANDA ingin menjawab pertanyaan logika dari data tertentu. Sebagai contoh, nilai mata pelajaran mana yang lebih tinggi dari lima mahasiswa maka =IF(C1>D1; “Sesuai/BENAR”; “Tidak Sesuai/SALAH”).
-
MIN
MENUสาว untuk mencari nilai terendah dalam barisan sel data. Contohnya, dalam barisan sel A3 hingga A9, maka ==MIN(A3:A9).
-
MAX
MAX digunakan untuk mencari angka tertinggi dalam sebuah deretan sel data. Sebagai contoh, dalam mencari nilai tertinggi di lapangan perlombaan, kita tinggal mengetik =$ MAX (C2: C10).
-
AVERAGE
Fungsi AVERAGE berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata angka dalam dengan range sel pilihan. Misalnya, rata-rata tabungamu dalam sebulan maka Anda ketik =AVERAGE(B2:B21).
-
AND
Termasuk rumus logika. Jika Anda ingin mengetahui apakah isi sel A1 lebih besar dari angka 2 atau kurang dari 4, maka ketik =AND(A1>2,A1<4). Jawaban benar akan muncul TRUE dan jawaban salah muncul FALSE.
-
NOT
Tidak (NOT) adalah lawan dari “bukan” atau “tidak sama dengan” (AND). Di mana Anda tidak mengetahui apakah jumlahnya lebih besar atau kecil pada contoh nomor 13, maka =NOT(A1<>4).
-
TRIM
TRIM membantu Anda untuk mengurangi spasi di dalam satu sel. Jika Anda menekan dua kali spasi, maka mungkin akan menimbulkan kesalahan seperti “EROR” saat melakukan penghitungan atau menggunakan rumus lain, jadi solusinya ketik =TRIM(A1).
-
OR
Digunakan untuk mencari nilai perbandingan, sama seperti rumus AND. Jika AND memerlukan dua kriteria untuk menemukan jawaban, maka OR memungkinkan satu kriteria tertentu. Seperti contoh nomor 13, ketik rumus =OR(A1>2,A1<4) otomatis akan muncul jawaban TRUE atau FALSE.
-
LEN
LEN membantu Anda untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam satu sel seperti huruf, angka, tanda baca, dan lainnya. Ketik =LEN(A1).
-
VLOOKUP
VLOOKUP dapat membantu Anda untuk mengambil data yang disusun secara vertikal. Jika Anda mengelompokkan beberapa barang berdasarkan harga barang (isi B3 sampai B9) dan biaya kirim (isi C3 sampai C9), maka tiketik istilah =VLOOKUP(C2;C2:D5;2;FALSA).
-
HLOOKUP
HLOOKUP sama dengan VLOOKUP, hanya dengan cara mencari datos secara horizontal. Misalnya, nomor 18 akan menjadi rumus =HLOOKUP(C2;D2:E5;2;0).
-
AREAS
Tujuan dari “AREAS” adalah menghitung jumlah area sel. Jika Anda memilih satu rentang sel dari A1 hingga G9, maka rumusnya adalah =AREAS(A1:G9).
-
MATCH
MATCH digunakan untuk menemukan data pada sebuah sel. Jika Anda memasukkan daftar belanja dari A2 hingga A10 dan ingin mencari kata “telur”, maka gunakan =MATCH(“Telur”;A2:A10).
-
RIGHT
RIGHT membantu Anda mengambil beberapa karakter pada sisi kanan string atau angka dari cell tertentu. Fungsi ini juga dapat dipakai untuk mengambil jumlah karakter yang ditentukan dari sisi kanan, seperti.Contoh :=RIGHT(A1:2).
-
LEFT
LEFT seperti RIGHT membantu Anda mengambil beberapa karakter dari bagian kiri. Jika Anda ingin mengambil 2 karakter dari angka 12345 di sel A1, maka =LEFT(A1,2).
-
CHOOSE
Format Fungsi CHOOSE membantu Anda menentukan nilai dari suatu tabel data. Jika Anda ingin mengelompokkan daftar tugas kerja dalam sel B2-B5, maka masukkan =CHOOSE(E2;B2;B3;B4). Sel E2 berisi prioritas tugas. Silakan masukkan sel B2, B3, dan B4, yang berisikan nama tugas dengan prioritas yang berbeda.
-
CONCATENATE
Perintah CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan teks. Jika Anda meletakkan beberapa nama murid pada file Excel dan memisahkannya pada sel D1-E1 berdasarkan nama depan dan nama belakang, maka gabungkanlah dengan mengetik =CONCATENATE(D1:E1).
-
CEILING
Bulanangi atasa untuk membulatkan angka dengan kelipatan sepuluh (10) yang lebih tinggi dari angka aslinya. Jika Anda ingin membulatkan harga penjualan, pilih sel angka yang belum dibulatkan dan tambahkan =BULANANGI(CELANGU(C2;10)).
-
FLOOR
FLOOR digunakan untuk menyamakan angka kelipatan 10 ke bawah. Seperti contoh fungsi CEILING, agar dapat menjadi FLOOR(C2):FLOOR(C2:10).
-
MONTH
BOT berfungsi untuk mengambil data bulan dari sel pilihan. Jika sel A9 berisi 2023/01/11, maka =BULAN(A9).
-
YEAR
TAHUN seperti BULAN. Anda hanya perlu mengganti rumus saja, yaitu =TANGGAL(B2)
-
DATE
tanggal (DATE) berfungsi untuk menambahkan tanggal ke dalam sebuah sel excel, maka ketik =DATE(2021,11,03).
-
NOW
Fungsi Excel ini digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu saat ini. Contoh: =SEKARANG()
-
INDEX
INDEX digunakan untuk mengembalikan nilai dari suatu sel dalam baris dan kolom yang spesifik. Contoh: =INDEX(A1:C10, 5, 2)
-
IFERROR
Untuk mengetahui apakah rumus menghasilkan kesalahan dan mengembalikan nilai tertentu jika benar. Contoh: =IF.ERORR(A1/B1, “Error”)
-
MID
MID dapat digunakan untuk mengekstrak beberapa karakter tertentu di tingkat tengah. Contoh: =MID(B1, 3, 4)
-
INDIRECT
Fungsi ini digunakan untuk mengonversi string teks menjadi referensi sel yang sah. Contoh: =INDIREK(“A1”)
-
SUBSTITUTE
Ronah substitusi digunakan untuk mengganti pada teks tertentu dalam sebuah kalimat dengan teks baru. Contoh: =SUBSTITUSI(A1, “apel”, “oranye”)
-
RANK
RANK dapat digunakan untuk mengembalikan peringkat angka negatif dalam daftar angka. Contoh: =RANK(A1,A1:A10)
-
ROUND
Berikut adalah rumus yang digunakan untuk membulatkan angka ke jumlah dekimal tertentu. Contoh: =ROUND(A1, 2)
-
TEXT
Fungsi ini digunakan untuk mengonversi nilai menjadi teks dalam format tertentu. Contoh: =TEKS(A1, “yyyy-mm-dd”)
-
RAND
Fungsi Excel RAND biasanya digunakan untuk mengembalikan suatu angka acak antara 0 dan 1. Contoh: =RAND()
Terimaksa telah berkontribusi dalam menyusun artikel ini